Pageviews last month

Monday, June 5, 2017

Antar Kota Antar Propinsi: Palangka Raya - Banjarmasin


Perjalanan kali ini cukup unik karena selain melewati beberapa kabupaten di dua Propinsi yaitu Kalimantan Tengah dan Kalimantan selatan tetapi juga melewati dua zona waktu yaitu WIB (GMT+7) dan WITA (GMT+8). Jarak kedua kota ini sekitar 193 km dan memakan waktu 4 jam namun karena adanya perbedaan waktu maka ditambahkan waktu 1 jam di kota Banjarmasin. 

Berikut ini tempat-tempat menarik yang dilewati sepanjang perjalanan:

1.       Taman Nasional Sebangau

Taman nasional ini terletak di Kalimantan Tengah dan mencakup tiga kabupaten yaitu Kota Palangka Raya, Kabupaten Katingan serta Kabupaten Pulang Pisau. Luasnya kurang lebih 568.700 hektare dan merupakan terbesar ke-tiga di Kalimantan. Seperti tempat lainnya Taman Nasional Sebangau ini juga terancam keberadaannya terutama kebakaran hutan yang disengaja untuk tujuan tertentu.



2.       Basarang

Kecamatan Basarang termasuk wilayah Kabupaten Pulang Pisau sekitar 40 km setelah kita melewati Sungai Kahayan. Menariknya saat memasuki kecamatan ini kita seolah berada di Bali karena disuguhkan dengan pemandangan Pura tempat peribadatan Agama Hindu di sepanjang jalan. Hal ini karena mayoritas penduduk di sini merupakan Transmigran asal Bali sehingga tidak heran suasananya mirip di Bali apalagi setiap menjelang hari raya keagamaan Hindu.



3.       Sungai Kapuas

Pada perjalanan ini akan melewati sungai Kapuas sebanyak 2 kali yaitu sebelum memasuki Kota Kuala Kapuas dan setelahnya. Pada jembatan yang pertama di tengah sungai terdapat Pulau Telo dimana terdapat 3 pulau yang berada di Sungai Kapuas.



4.       Kuala Kapuas

Kota Kuala Kapuas merupakan Ibu Kota dari Kabupaten Kapuas dan masih termasuk wilayah Kalimantan Tengah yang berbatasan langsung dengan Kalimantan Selatan. Untuk menuju Kota Kuala Kapuas dari jalan Trans Kalimantan kita harus mengambil arah yang berbeda dengan arah ke Banjarmasin.



5.       Sungai Barito

Dibandingkan dengan sungai-sungai sebelumnya maka sungai Barito lebih besar dan jembatannya pun juga lebih panjang. Setelah melewati sungai ini kita sudah masuk ke Propinsi Kalimantan Selatan. Di tengah sungai Barito terdapat daratan yang dinamakan Pulau Bakumpai yang juga merupakan salah satu sebutan sub etnis suku Dayak di Kalimantan.



6.       Barito Kuala

Sepanjang wilayah Kabupaten Barito Kuala akan terlihat pemandangan yang sering dilihat di Pulau Jawa yaitu sawah yang membentang luas. Kecamatan Handil Bakti merupakan tempat terakhir sebelum memasuki Kota Banjarmasin yang dibatasi oleh anak sungai Barito.




Pilihan transportasi yang ada biasanya lewat Travel menggunakan mobil Kijang Innova yang diisi 7 orang. Biaya per orang Rp 100.000 kecuali untuk kursi depan sedikit mahal Rp 120.000 atau kalau mau hitungan carter Rp 700.000 untuk 1 mobil. Biasanya ada istirahat sekali di daerah Kab. Pulang Pisau selama 1 jam untuk makan dan toilet.

No comments:

Post a Comment