Pageviews last month

Wednesday, May 31, 2017

Mesin Foto dan Kopi



Karena hampir setiap hari berhubungan sama alat ini akhirnya terbesit ide kenapa gak buat tulisan tentang fotokopi. Ternyata mesin fotokopi sekarang udah canggih banget sampai bisa kirim orang ke bulan (hehe lebay), becanda sih tapi kalau scan langsung kirim ke alamat email juga bisa kok.

1.       Platen Glass
Fungsinya adalah menscan dokumen yang akan dicopy sehingga akan keluar hasil yang sama dengan dokumen aslinya. Biasanya sebelum dicopy penutup mesin ditarik kebawah dulu agar mata tidak terkena sinar UV. Untuk melakukan Scan caranya juga hampir sama hanya berbeda perintah dari tombol atau touchscreen yang ditekan



2.       Automatic Document Feeder (ADF)
Mesin fotokopi saat ini sudah dilengkapi dengan ADF yang fungsinya mempercepat proses scan sehingga tidak perlu bolak balik membuka tutup mesin apalagi bila materi yang dicopy sangat banyak.



3.       LCD dan Touchscreen Panel
Segala macam perintah mesin fotokopi berasal dari alat ini, intinya kita bisa melakukan semua hal seperti copy, scan, print dan fax dengan menekan touchscreen di panel yang ada. Fungsi panel ini juga bisa edit dokumen yang di copy seperti perbesar/perkecil, perbanyak materi, mengatur kontras atau copy bolak balik.




4.       Tray
Fungsinya untuk tempat menyimpan kertas kosong yang akan kita copy, biasanya ukuran kertasnya adalah A4 dan A3. Tray ini bisa kita buka dengan menarik slide kearah luar kemudian bila kertasnya kosong hanya perlu mengisi dengan kertas ukuran yang sesuai. Biasanya terdapat 2 tray pada setiap mesin fotokopi dan 1 tambahan tray untuk by pass (tray 5) bila ingin memasukkan kertas secara satuan.





















Sebenarnya masih banyak  bagian-bagian yang lain tapi yang biasa dipakai biasanya hanya sekitar hal yang disebutkan (bilang aja males). Kalau di tulis bagian yang kecil-kecil nanti dikira tukang servis lagi hehe… cheers.

No comments:

Post a Comment