Pageviews last month

Wednesday, May 31, 2017

Business Trip: Pressure or Pleasure?

Bombardier CRJ 1000 Next Generation

Di sebagian besar perusahaan terkadang menugaskan karyawan mereka untuk melakukan perjalanan dinas baik itu domestik maupun internasional. Buat yang sering melakukan hal ini mungkin tidak masalah tetapi untuk yang pertama kali bisa jadi akan kebingungan bagaimana mempersiapkannya.

Buat orang yang gak mau repot seperti saya ini yang biasanya disiapkan:

1.       Transportasi
Siapkan tiket 2-7 hari sebelum keberangkatan untuk menghindari kehabisan tiket dan memilih jadwal serta jenis transportasi yang dibutuhkan. Pilih transportasi yang bisa diandalkan baik dari segi keselamatan, waktu dan kenyamanan. Bila harus merubah jadwal perjalanan pastikan tiket yang dibeli memungkinkan untuk dirubah walaupun biasanya ada biaya tambahan.



2.       Akomodasi
Pesanlah hotel sebelum berangkat ke kota tujuan agar tidak repot mencari tempat menginap bila sudah sampai. Apalagi saat ini sudah banyak penyedia jasa perjalanan online sehingga tidak perlu bingung mencari hotel yang pas sesuai kebutuhan. Pilih hotel yang mudah mencari tempat makan karena biasanya harga makanan di hotel lebih mahal. Koneksi internet juga penting agar tetap dapat mengirimkan materi pekerjaan melalui email jadi pastikan koneksi wifii dihotel lancar.



3.       Briefcase dan Tas
Ukuran serta jumlah tas dan koper yang dibawa tergantung dari berapa lamanya waktu menginap. Bila hanya 1-2 hari maka membawa tas punggung saja sudah cukup tetapi bila lebih dari itu disarankan membawa koper. Ukuran koper yang bisa masuk di kabin pesawat maksimal 20 inci bila lebih dari itu maka harus dimasukkan ke bagasi. Untuk laptop jangan ditaruh di koper karena sangat beresiko untuk rusak bila kopernya dibanting jadi lebih baik taruh dalam tas saja.




4.       Uang cash dan ATM
Jumlah uang cash yang dibawa sebaiknya gak perlu terlalu banyak untuk menghindari kehilangan atau dicuri saat perjalanan. Sebenarnya lebih aman dimasukkan kedalam ATM sehingga nanti bila butuh uang bisa tarik tunai di kota tujuan. Tapi jangan terlalu sedikit juga karena kita belum tahu seperti apa kondisi di kota tujuan karena ada juga taksi yang hanya mau berhenti ke satu tujuan alias gak mau mampir-mampir. Bawa uang cash Rp 500.000 di dompet sepertinya cukup untuk sekali jalan.



5.       Materi pekerjaan
Inti dari Business Trip adalah menyelesaikan pekerjaan jadi siapkan materi pekerjaan yang dibutuhkan di kota tujuan. Laptop atau Netbook adalah hal yang wajib dibawa ketika bekerja, pastikan membawa charger dan file data yang dipakai untuk bekerja nanti. Sebisa mungkin materi yang harus diprint sudah disiapkan di kantor asal karena biaya print maupun fotocopy di hotel lebih mahal dan kurang lengkap dibandingkan di kantor.


Kalau persiapan sudah dilakukan maka perjalanan bisa dilakukan lebih tenang dan resiko hal-hal yang tidak diinginkan bisa diminimalisir. Yang terakhir jangan lupa berdoa untuk keselamatan selama perjalanan.



HAVE NICE TRIP

No comments:

Post a Comment